Hari Tua yang Tak Lagi Menakutkan.

3 Feb 2017

  Bagaimana perasaanmu saat membayangkan kamu menjadi tua nanti? Banyak orang yang khawatir, gelisah, dan bahkan takut saat membayangkannya termasuk saya. Perasaan itu timbul karena hari tua biasanya dihubungkan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan seperti penuaan fisik, tubuh yang lemah, pikun, dan penyakit kronis yang membuat kita tidak lagi produktif dan menjadi beban anggota keluarga lain.

   Tapi, entah mengalami problem pada hari tua atau tidak, kebanyakan orang ingin hidup bahagia saat mereka tua nanti. Bagaimana caranya? Ini ada hubungannya dengan sikap, kemauan, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri saat memasuki usia tua. Maka dari itu Kamu yang masih muda dan bekerja dengan karir yang bagus bisa melakukan persiapan hari tua dengan baik, sebelum semua terlambat dan Kamu tidak mendapatkan apa yang Kamu inginkan.

Lalu, persiapan apa saja yang perlu kita lakukan selagi muda agar harapan dan keinginan kita untuk bahagia di hari tua bisa tercapai?

 

1. Menabung

source : jadiberita.com

  Menabung merupakan salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk persiapan hari tua, dimana dengan kamu menabung kebutuhan di hari tua nanti bisa terpenuhi. Menabung juga bisa membuat kondisi keuanganmu stabil, Kamu tidak perlu bingung lagi jika ada pengeluaran mendadak.

  Tapi yang perlu Kamu cermati adalah bagaimana nilai tukar rupiah di jaman sekarang ini. Uang dengan jumlah 100 ribu belum tentu 10 tahun ke depan tetap bisa membeli barang yang sekarang harganya 100 ribu. Pasti akan ada perubahan harga dalam rentang waktu yang lama, maka dari itu menabung merupakan antisipasi yang ideal untuk kebutuhan di hari tua nanti. Jika kamu belum menabung, maka mulailah dari sekarang.

 

2. Membeli Barang yang Memiliki Prospek Bagus

source : fokusbisnis.com

  Banyak pakar ekonomi mengatakan bahwa investasi tanah merupakan salah satu investasi paling menguntungkan saat ini. Dimana harga tanah yang terus meningkat tiap tahunnya dan semakin sedikitnya tanah kosong yang tersedia, kamu bisa saja membeli tanah dengan harga murah saat ini dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi tanpa anda perlu merawat tanah tersebut.

  Maka dari itu usahakan mulai dari sekarang kamu menyisihkan uang untuk membeli tanah, setelah 10-20 tahun ke depan nantinya harga tanah pasti akan melambung tinggi dan kamu bisa menikmati hasilnya di hari tuamu.

 

3. Investasikan Sebagian Gaji

source : liputan6.com

  Sebelum mulai, Kamu harus menentukan berapa jumlah yang ingin kamu investasikan, berapa return yang kamu harapkan, dan berapa besar risiko yang harus kamu tanggung. Lebih baik berinvestasi dalam angka kecil yang dimulai dari sekarang dibandingkan dengan berinvestasi dalam jumlah besar dan sudah mendekati waktu Anda pensiun. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

  Mulai sisihkan sebagian dari gajimu. Lakukan investasi dalam skala kecil seperti membeli logam mulia atau jual beli saham. Saat Kamu telah melakukan investasi ini cukup lama, maka percayalah, hasil yang akan Kamu nikmati dari persiapan hari tua ini juga tidak akan sedikit.

 

4. Mengikuti Program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.

source : AyoBandung.com

 

  Program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, peserta akan mendapat uang tunai yang akan dibayarkan sekaligus jika peserta program ini sudah mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia dan/atau cacat permanen. Besarnya uang yang diterima yaitu akumulasi iuran yang sudah kita bayarkan ditambah dengan hasil pengembangannya. Setiap Warga Negara Indonesia diwajibkan untuk ikut dalam program ini, baik itu pekerja sebagai penerima upah (karyawan) maupun pekerja bukan penerima upah (pemberi upah, wirausahawan, freelancer).

  Sedangkan Program Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan  adalah program yang dimana uang akan diberikan ketika peserta pensiun, meninggal dan/atau cacat permanen namun pemberiannya tergantung kondisi, apabila peserta masih hidup maka akan diberikan secara bertahap hingga peserta meninggal dunia. Program ini hanya berlaku untuk pekerja penerima upah. Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi websitenya langsung disini.

  Dengan mengikuti kedua program tersebut, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan keuanganmu di hari tua nanti. Maka dari itu bagi kamu yang belum terdaftar Program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Program Jaminan Pensiun segera mendaftarkan diri untuk hari tua yang lebih baik.

source : @BPJSTKinfo

  Nah dengan menyiapkan hal-hal diatas sejak masih muda, Kamu tidak perlu takut lagi dengan hari tua yang sudah menunggu kalian. Apalagi dengan adanya program-program dari BPJS seperti Program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Program Jaminan Pensiun yang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sehingga jika ada keluarga yang kepala keluarganya sudah tidak mampu lagi bekerja maka masih bisa mendapatkan jaminan dari BPJS. Maka dari itu ayo kita siapkan masa depan kita dari sekarang, karena masa depan adalah milik orang yang menyiapkannya hari ini. Semoga bermanfaat! 


TAGS BPJS BPJSTK BPJSKETENAGAKERJAAN HARITUA BahagiadiHariTua lifestyle pensiun haritua hari tua


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post